BIBIT SENGON BERMIKORIZA 

( CV SILATURAHMI ) JL ARGOPURO 204

TANGGUL

Manfaat Mikoriza bagi Tanaman

Manfaat yang diperoleh tanaman inang dari adanya asosiasi mikoriza adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan penyerapan unsur hara. Tanaman yang bermikoriza biasanya tumbuh lebih baik daripada yang tidak bermikoriza, dapat meningkatkan penyerapan unsur hara makro dan beberapa unsur hara mikro. Selain itu akar tanaman yang bermikoriza dapat menyerap unsur hara dalam bentuk terikat dan tidak tersedi auntuk tanaman.
  2. Tahan terhadap serangan pathogen. Mikoriza dapat berfungsi sebagai pelindung biologi bagi terjadinya infeksi patogen akar. Mekanisme perlindungan ini bisa diterangkan sebagai berikut:
  • adanya lapisan hifa(mantel) dapat berfungsi sebagai pelindung fisik untuk masuknya pathogen
  • mikoriza menggunakan hampir semua kelebihan karbohidrat dan eksudat akar lainnya, sehingga tidak cocok bagi patogen.
  • fungi mikoriza dapat melepaskan antibiotik yang dapat menghambat perkembangan patogen
  1. Sebagai konservasi tanah. Fungi mikoriza yang berasosiasi dengan akar berperan dalam konservasi tanah, hifa tersebut sebagai kontributor untuk menstabilkan pembentukan struktur agregat tanah dengan cara mengikat agregat-agregat tanah dan bahan organik tanah
  2. Mikoriza dapat memproduksi hormon dan zat pengatur tumbuh Fungi mikoriza dapat memberikan hormon seperti auxin, sitokinin, giberellin, juga zat pengatur tumbuh seperti vitamin kepada inangnya.-Sebagai sumber pembuatan pupuk biologis.-Fungi ini dapat diisolasi, dimurnikan dan diperbanyak dalam biakan non-esensial.
  3. Isolat-isolat tersebut dapat dikemas dalam bentuk inokulum dan sebagai sumber material pembuat pupuk biologis yang dapat beradaptasi pada kondisi daerah setempat.
  4. Sinergis dengan mikroorganisme lain Keberadaan mikoriza juga bersifat sinergis dengan mikroba potensial lainnya seperti bakteri penambat N dan bakteri pelarut fosfat.
  5. Mempertahankan keanekaragaman tumbuhan Fungi mikoriza berperan dalam mempertahankan stabilitas keanekaragaman tumbuhan dengan cara transfer nutrisi dari satu akar tumbuhan ke akar tumbuhan lainnya yang berdekatan melalui struktur yang disebut Bridge Hypae.

KESIMPULAN

1.VAM/CMA dapat digunakan secara efektif dalam mengurangi penggunaan pupuk buatan yang merupakan sumberdaya alam tak terbaharukan. Penggunaan pupuk buatan, apalagi yang dilakukan secara tidak bijaksana dapat menyebabkan degradasi lingkungan yang akan berakibat pada turunnya produksi pertanian.

2. Pertumbuhan tanaman meningkat dengan adanya VAM/CMA karena meningkatkan

serapanhara, ketahanan terhadap kekeringan, produksi hormon pertumbuhan danzat pengatur tumbuh, perlindungan dari patogen akar dan unsur toksik. Sehingga penggunaan pupuk hayati dari VAM/CMA merupakan alternatif terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dan produksi hasil pertanian.

Manfaat / fungsi mikoriza bagi tanaman adalah :

  1. Fungsi yang pertama dan yang paling utama adalah bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman. Dengan adanya mikoriza diperakaran, tanaman akan tumbuh lebih subur. Bahkan ada peneliti yang mengatakan jika pada akan tanaman tahunan tertentu diberi mikoriza maka tanaman tersebut bisa tumbuh 6-15 kali lebih besar pada umur 2 tahun. Demikian juga tanaman yang lain juga akan tumbuh lebih subur jika diberikan mikoriza seperti jagung, kedelai, padi, cabai, tomat, terong dll.
  2. Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan penyakit akar/ penyakit tanah dan serangan nematoda akar (hewan sejenis cacing kecil yang merusak tanaman). Dengan pemberian mikoriza biasanya tanaman akan lebih tahan terhadap serangan mikroorganisme yang merugikan tanaman seperti Fusarium sp penyebab layu, Phytopthora sp penyebab layu, Pytium sp penyebab rebah kecambah pada pembenihan. Mikoriza mampu menghasilkan minyak atsiri yang bersifat racun bagi jamur penyakit. Selain itu mikoriza juga akan mengambil persediaan makanan bagi jamur penyebab penyakit tersebut.
  3. Meningkatkan kemampuan tanaman dalam menyerap unsur hara yang ada dalam tanah, terutama unsur P, Ca, N, Cu, Mn, K, dan Mg. Kerjasama yang saling menguntungkan antara mikoriza dan tanaman dilakukan dengan cara tanaman memberikan sisa karbohidrat dan gula yang tidak terpakai kepada mikoriza, dan ditukar dengan unsur-unsur P, Ca, N, Cu, Mn, K dan Mg oleh mikoriza.
  4. Mikoriza menghasilkan ZPT (Zat Perangsang Tumbuh) di perakaran tanaman sehingga tanaman bisa tumbuh lebih subur dan tidak mudah stres ketika mendapat cekaman lingkungan. Cuma ZPT apa saja yang diberikan mikoriza maspary juga belum tahu, tapi menurut penelitian demikian adanya.
  5. Mikoriza dapat meningkatkan penyerapan unsur hara oleh akar karena dibantu oleh miselium jamur mikoriza eksternal dengan memperluas permukaan penyerapan akar. Miselium mikoriza mampu masuk dalam celah/ pori tanah yang berukuran sangat kecil yang tidak dapat dimasuki bulu-bulu akar tanaman.
  6. Mengurangi stres tanaman dalam kondisi kekurangan air, karena akar tanaman dibantu mikoriza dalam penyerapan air sehingga akar memiliki jangkauan lebih panjang dalam tanah. Menurut informasi jangkauan miselium mikoriza bisa mencapai 10-15 m. Sehingga mikoriza sangat bagus digunakan untuk budidaya tanaman perkebunan seperti jabon, jati, akasia dll
  7. Mikoriza dapat meningkatkan aerasi (ketersediaan udara) dalam tanah. Menurut maspary fungsi ini berhubungan dengan kemampuan mikoriza dalam memperbaiki agregat tanah.
  8. Memacu perkembangan mikroba saprofitik non patogenik disekitar perakaran sehingga tanaman lebih sehat dan lebih subur.

                                                                                                                                     maspary

Dari rangkuman tersebut Mikoriza sangat bermanfaat sekali bagi tanaman terutama SENGON yang ditanam di lahan marginal akan tahan terhadap kekeringan sehingga sangat ekonomis untuk diaplikasikan.

Pengertian orang awam :

1.             Mikoriza bisa membantu tanaman untuk dapat menyerap air tanah sampai kedalaman 15 mtr

2.             Mikoriza membuat tanaman lebih subur karena mereka sebagai sahabat yang saling membutuhkan.

3.             Mikoriza dapat menimbulkan ZPT bagi tanaman.

4.             Mikoriza menghalau hama penyakit perakaran.

MELAYANI PESANAN BIBIT SENGON LAUT DAN PEPAYA BER MIKORIZA

agroklinik.wordpress.com

PEMBIBITAN SENGON LAUT BERMIKORIZA

DI DESA MANGGISAN KECAMATAN TANGGUL KAB. JEMBER JATIM

PEMBIBITAN SENGON BERMIKORIZA  UMUR 7 HARI

PEMBIBITAN SENGON BERMIKORIZA UMUR 7 HARI

BARU DITANAM SETELAH DIBERI MIKORIZA

BARU DITANAM SETELAH DIBERI MIKORIZA

LAHAN KAPASITAS 50.000 BIBIT

LAHAN KAPASITAS 50.000 BIBIT

PENAMBAHAN PEMBIBITAN MENJADI 200.000 BIBIT PER SEMESTER

PENAMBAHAN PEMBIBITAN MENJADI 200.000 BIBIT PER SEMESTER PRODUKSI

PERSIAPAN TANAM BENIH

PERSIAPAN TANAM BENIH

PENGISIAN POLIBEK SALAH SATU PEKERJA

PENGISIAN POLIBEK SALAH SATU PEKERJA

PERSIAPAN TANAH UNTUK ISI POLIBEK

PERSIAPAN TANAH UNTUK ISI POLIBEK

SANTAI SAMBIL LIAT PERKEMBANGAN KEGIATAN

SANTAI SAMBIL LIAT PERKEMBANGAN KEGIATAN

PENANGGUNG JAWAB PROYEK KETUA GAPOKTAN MANGGISAN

PENANGGUNG JAWAB PROYEK KETUA GAPOKTAN MANGGISAN

JEMBATAN MENUJU KEBON BIBIT

JEMBATAN MENUJU KEBON BIBIT

LEWAT JEMBATAN

LEWAT JEMBATAN

KEBON BIBIT SENGON

KEBON BIBIT SENGON

KETUA PEMBIBITAN SURASNO

KETUA PEMBIBITAN SURASNO

BENIH UMUR 1 BULAN

BENIH UMUR 1 BULAN

BIBIT UMUR 2 BULAN

BIBIT UMUR 2 BULAN

UMUR 2 BULAN AKAR BANYAK DAUN LEBAR

UMUR 2 BULAN AKAR BANYAK DAUN LEBAR

DAUN LEBAR DAN SEHAT

DAUN LEBAR DAN SEHAT

GERMINASI 95%

GERMINASI 95%

BIBIT SEGAR DAN SEHAT BERKAT MIKORIZA

BIBIT SEGAR DAN SEHAT BERKAT MIKORIZA

KONSOLIDASI DI KEBUN BIBIT DENGAN KETUA KELOMPOK PEMBIBITAN

KONSOLIDASI DI KEBUN BIBIT DENGAN KETUA KELOMPOK PEMBIBITAN

BIBIT SENGON LAUT BERMIKORIZA

BIBIT SENGON LAUT BERMIKORIZA

LANDSCAPE PEMBIBITAN

LANDSCAPE PEMBIBITAN

 

BIBIT SENGON 3 BULAN

BIBIT SENGON 3 BULAN

PROMO

PROMO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s